Selasa, 13 Maret 2012

Mas Slamet

Mas Slamet adalah mahluk Tuhan dari daerah Slawi yang berprofesi sebagai koki martabak manis dan telor, salah satu sahabat karib terbaik yang saya miliki. Bakat masak dan selera kulinernya terhadap masakan Indonesia benar-benar luar biasa. Terlebih dari itu,dia adalah salah satu mahluk setres yang paling nyambung dengan saya.

Suatu hari saya pernah menggoda mas Slamet yang sedang asyik membanting-banting adonan terigu untuk membuat martabak telor. "Mas... kalo dagang jangan marah-marah terus! ... kasian dong adonan disiksa begitu. Dikepel-kepel, dibanting-banting, udah gitu digoreng lagi pake minyak panas!"

Tukang martabak itu malah ketawa. "Justru saya banting-banting ini adonan biar dia badannya enakan kang. Tadi dia bilang ma saya, badannya pegel. Tau masuk angin, tau apa... Jadi saya pijet biar dia enakan. Udah gitu kan biar bersih saya mandiin pake minyak panas. Saya orangnya baik kaaaan.."

Pernah ketika mencoba motor Honda Grand yang baru dibeli, Slamet tak sengaja menabrak angkutan kota. Ketika saya tanya kenapa dia bisa nabrak angkot, slamet malah marah-marah.

"Salah angkotnya tuh. Kenapa dia parkirnya di pinggir jalan? coba dia parkirnya di Ramayana (swalayan). Kan saya jadinya gak nabrak dia. Iya kan?"

Suatu hari saya berkunjung ke rumah si Tukang martabak. Dia langsung inisiatif memberikan suguhan.

"Ni kang, kopine. Mau ngerokok juga boleh."

"Mana kopinya mas?" Tanya saya bingung. Mata saya kan engga katarak, udah jelas yang dibawanya cuma air putih."

"Ya ini," kata dia sambil menunjuk air putih.

"Itu mah aer putih atuh mas!"

"Ini kopi kang, cuma udah saya saring. Situ kan tamu. Masak tamu saya suguhin kopi item jelek begitu. Biar gak item mangkane saya saring. Ya ini jadinya!"


Tribute to Sodikin alias Mas Slamet!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar